Selasa, 09 Oktober 2012

Keamanan Belanja di eBay

Beberapa waktu yang lalu dalam potingan saya sebelumnya, sudah sampaikan pengalaman saya belanja di ebay. Namun pada saat kemudian saya mengalami masalah dengan sellernya di UK. Ceritanya begini. Barang yang saya pesan memang sudah saya terima dengan kondisi baik. Namun setelah saya coba beberapa minggu, saya merasa tidak puas dengan banyaknya fitur yang tidak dapat jalan sebagaimana mestinya. Pada awalnya saya tidak mempermasalahkan dan mengikhlaskan uang yang sudah saya keluarkan untuk membeli barang tersebut. Tapi setelah lewat satu bulan, ternyata yang saya rasakan, barang tersebut memang parah, fitur-fitur yang dipunyai tidak bisa maksimal beroperasi. Saya iseng iseng contact sellernya dan saya menyampaikan keluhan saya, seller menanggapi dengan baik, pada waktu itu dia menerima retur dan akan mengembalikan uang sejumlah harga barangnya saja, tidak sama ongkos kirim, padahal dalam ketentuan eBay, barang dapat di retur maksimal 14 hari. Setelah ada kesepakatan dan saya juga tidak keberatan dengan penegmbalian yang hanya seharga barang, maka saya kirim kembali barang tersebut. 

Setelah beberapa minggu, dan saya cek status pengiriman barang, disebutkan bahwa barang sudah diterima oleh seller, pas saya contact seller, dia tidak mengakuinya, dan mengaku belum terima barang, maybe a couple days katanya. Tunggu punya tunggu, saya tunggu beberapa hari, saya contact lagi dia, dan akhirnya yang saya dapat adalah dia ngeles, dan lama sekali membalas email saya. Saya jadi kesal juga, karena saya melihat tidak ada itikad baik dari seller, terus saya komplen langsung ke eBay dengan menulis email ke eBay. Saya ceritaka semuanya dan saya lampirkan bukti status pengiriman barang yang sudah saya jalankan. Kemudian eBay meminta waktu kepada saya 3x24 jam untuk menindaklanjuti masalah ini. 

And thanks God, hari kedua sebelum 3x24 jam berakhir, sekitar pkl 4.00 pagi sebelum subuh, saya mendapatkan email notifikasi yang menyatakan bahwa saya menang atas kasus yg saya angkat, dan uang akan dikembalikan, tidak hanya seharga barang tapi fullrefund plus ongkos kirim. Sujud syukur saya lakukan, alhamdulillah sekali, akhirnya beberapa hari kemudian saya bisa mendapatkan pengembalian uang masuk ke rekening saya lewat Paypal.

Itulah pengalaman saya belanja di eBay, atas keberhasilan penyelesaian kasus yg saya alami, saya tambah yakin bahwa keamanan belanja di eBay dan penggunaan Paypal insya'allah cukup terjamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar